judul baru

Sunday 11 December 2011

filsafat

TUGASAN PAGS 6350 : FALSAFAH PENDIDIKAN
PERSPEKTIF PERBANDINGAN


  1. Pengenalan
Falsafah merupakan ilmu yang mempelajari tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan telah dijabarkan(explain) dalam konsep mendasar. Falsafah tidak hanya didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk masalah tersebut, memberikan argumentasi dan alasan-alasan yang tepat untuk solusi tertentu.
Kata falsafah berasal dari bahasa Yunani kuno, philos artinya cinta dan sophia artinya kearifan atau kebijakan. Falsafah berarti cinta yang mendalam terhadap kearifan atau kebijakan.  Ada tiga segi pengenalan falsafah, iaitu: Aspek ontology, Aspek aksiolog dan Aspek epistemology.
Falsafah Ontologi: Ilmu tentang kebijaksanaan atau kebenaran yang dipelajari adalah obyek sebenarnya.
            Obyek sebenarnya :
            Ÿ Obyek materi: Seluruh fakta kenyataan, misalnya : manusia, alam, dll
            Ÿ Obyek formal: Bidang kajian semua pengetahuan, mis : biologi, faal, kedokteran, dan lain-lain.
Falsafah Aksiologi: Adalah untuk mencari kebenaran tentang seluruh fakta/kenyataan. Kegunaannya:
1. Menemukan kebenaran
                        2. Menimbulkan keyakinan
                        3. Menemukan ide
Falsafah Epistemologikarena ialah: keinginan berfalsafah untuk menemukan kebenaran dengan:            memakai ratio-logos-akal budi. Seterusnya ditanyakan mengapa, benar karena didiskusikan, dianalisis dengan ratio untuk menemukan kebenaran.

Pada zaman yunani yang tamandunnya bermula sekitar 2500 tahun dahulu, ahli-ahli falsfah yang terkemuka seperti sokrates, plato dan Aristotle sentiasa berusaha cuba memikir , menilai , mentafsir kehidupan dan pengalaman manusia dengan tujuan mencari kebenaran dan nilai hidupyang sempurna. Sebagai contoh, Socrates (469-399) pernah berkataa: “kehidupan manusia yang tidak dinilai merupakan kehidupan yang tidak berguna.”



  1. Definisi Falsafah Pendidikan Umum

Secara etimologi, istilah falsafah berasal dari bahasa Arab, yaitu falsafah atau juga dari bahasa Yunani yaitu philosophia – philien : cinta dan sophia : kebijaksanaan. Jadi bisa dipahami bahwa falsafah berarti cinta kebijaksanaan. Dan seorang filsuf adalah pencari kebijaksanaan, pecinta kebijaksanaan dalam arti hakikat.
Pengertian falsafah secara terminologi sangat beragam. Para filsuf merumuskan pengertian falsafah sesuai dengan kecenderungan pemikiran kefalsafahan yang dimilikinya. Seorang Plato mengatakan bahwa : Falsafah adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli. Sedangkan muridnya Aristoteles berpendapat kalau falsafah adalah ilmu ( pengetahuan ) yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika. Lain halnya dengan Al Farabi yang berpendapat bahwa falsafah adalah ilmu ( pengetahuan ) tentang alam maujud bagaimana hakikat yang sebenarnya.
 Jadi, Falsafah adalah kegiatan/hasil pemikiran/perenungan yang menyelidiki sekaligus mendasari segala sesuatu yang berfokus pada makna di balik kenyataan/teori yang ada untuk disusun dalam sebuah system pengetahuan rasional. Dari definisi falsafah diatas dapat dirumuskan pengrtian pendidikan secara umum seperti berikut:
”pendidikan adalah suatu proses atau aktiviti yang berusaha untuk mengembangkan fizikal, intelek ,social dan emosi secara individu serta menambahkan kemahiran, kebolehan, pengetahuan dan pengalaman mereka supaya dapat memberi kegembiraan, faedah dan kemajuan dalam kehidupannya, membantu dan mendorongnya bertindak dengan cara yang rasional bagi faedah diri serta masyarakat, bangsa dan Negara.” (Mok Soon Sang, 2010).
Falsafah pendidikan mengandung ciri-ciri tersendiri. Soalan asas falsafah pendidikan ialah “Apakah Pendidikan?” Maka, hasilan daripada falsafah pendidikan adalah akibat daripada usaha kajian intelektual atas tujuan pendidikan, reality objektif, prinsip asas dan nilainya. (Mok Soon Sang, 2010). E. D. Miller, dalam bukunya question that metter (1984), menginterfrestasikan falsafah sebagai usaha memikir secara rasional dan kritis atas perkara-perkara yang penting.
Maka, falsafah pendidikan boleh diertikan sebagai usaha memikir secara rasional dan kritis atas pendidikan.


  1. Definisi Falsafah Pendidikan Islam
Pada amnya, falsafah pendidikan Islam adalah berasaskan ajaran al-quran dan al-hadist. Falsafah pendidikan Islam adalah bagian dari ilmu falsafah, maka dalam mempelajari falsafah pendidikan perlu memahami terlebih dahulu tentang pengertian falsafah terutama hubungannya dengan masalah pendidikan khususnya pendidikan Islam. Falsafah pendidikan Islam menurut Tajul Arifin dalam bukunya “Perspektif Falsafah Dan Pendidikan di Malaysia” berkesimpulan bahawa pemikiran yang teliti dan sistematik oleh kaum muslimin yang dilakukan dalam keadaan jiwa yang murni terhadap manusia, alam  fizikal dan  metafizik, dalam lingkungan batasan yang dibenarkan oleh al-Quran dan al-Sunnah dengan tujuan mencapai makrifatullah supaya beroleh kebaikan di dunia dan akhirat. Jadi Falsafah pendidikan Islam ialah suatu usaha yang berterusan dalam menyampaikan ilmu, membentuk kemahiran dan memupuk penghayatan Islam berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah sepanjang hayat. Ia yang bermatlamat melahirkan insan yang berilmu, berkepribadian mulia, berkemahiran dan bersikap positif untuk mencapai kebaiakn di dunia dan kesejahteraan abadi di akhirat.
 Menrut Hassan Langgulung (1979) perkara-perkara yang menjadi dasar pendidikan Islam ialah:
1.    Keesaan Tuhan (tauhid).
2.    Kepercayaan pesuruh-pesuruhNya.
3.    Kepercayaan kepada wahyu-wahyu Tuhan kepada Nabi-nabi.
4.    Manusia mempunyai potensi dalam perkembangan moral dan kerohnian.
5.    Setiap individu bertanggung jawab terhadap tindakan sendiri.
6.    Kehidupan keduniaan dan akhirat.
7.    Persamaan dan persaudaraan sejagat antara semua umat Islam.

  1. Tujuan umum Falsafah Pendidikan Kebangsaan  (aspek JERIS)

Falsafah boleh difahamkan sebagai pemikiran atau pandangan yang benar, rasional dan bernas. Pemikiran atau pandangan ini dihasilakan daripada usuha kajian ahli falsafah dengan cara yang saintifik, sistematik dan logical. Falsafah pendidikan kebangsaan digubal daripada usaha berfikir yang rasional dan kritis, berlandaskan daripada ideology Negara sebagaimana yang telah dinyatakan dalam Laporan Negara dan Dasar Pendidikan, termasuk rukun Negara.
Matlamat utama Falsafah Pendidikan kebangsaan tidak jauh beza dengan falsafah pendidikan Islam iaitu untuk menghasilkan muslim yang berilmu, beriman, berketrampilan, beramal soleh dan berakhlak mulia berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah ke arah menjadi hamba dan khalifah Allah yang bertaqwa. Matlamat ini sesuai dengan kehendak Bahagian Pendidikan,Guru yang ingin melahirkan guru yang berakhlak mulia, berpandangan progresif, saintifik, menguasai penggunaan alat teknologi , bersedia menjunjung aspirasi Negara serta warisan kebudayaan Negara, menjamin perkembangan individu yang sihat dan seterusnya menjadi masyarakat yang bersatu padu, demokratik, progresif dan berdisiplin.


  1. Perbincangan khusus aspek (salah satu topik anda)

Sosialisasi adalah proses yang membantu individu individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup, dan berfikir kelompoknya agar ia dapat berperanan dan berfungsi dengan kelompoknya (Charlotte Bühler,1992)
Sedangkan falsafah sosial adalah sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya.
Firdaus M. Yunus, salah seorang pencarah falsafah di University IAIN Banda Aceh menjelaskan bahawa falsafah sosial merupakan cabang dari falsafah yang mempelajari permasalahan sosial masyarakat secara kritis, radikal dan komprehensif. Sejak Plato, dan Aristoteles kajian terhadap persoalan-persoalan kemasyarakatan sudah menjadi objek penelitian tersendiri. Lebih lanjut beliau menyatakan susunan masyarakat mencerminkan susunan kosmos yang abadi, manusia berkewajiban untuk menyesuaikan diri dengan susunan itu dan mentaati demi keselamatannya, kalau tidak, ia akan menghancurkan dirinya sendiri.

Sebenarnya falsafah social telah ada sejak zaman plato dan aristoteles, yang namun tidak dibicarakan secara khusus. Falsafah sosial merupakan cabang dari falsafah yang mempelajari persoalan sosial kemasyarakatan secara kritis, radikal dan komprehensif. Sejak kelahirannya falsafah sosial telah mendekonstruksi pemahaman masyarakat bahwa tidak selamanya apa yang ada dilangit telah langsung diatur oleh kekuasaan Tuhan untuk selama-lamanya. Pembongkaran pemahaman masyarakat secara besar-besaran justru terjadi seiring lahirnya revolusi Prancis yang meruntuhkan susunan masyarakat feodal dan mengawali proses demokratisasi dengan melahirkan kejutan-kejutan yang spektakuler. Karena tak pernah sebelumnya orang membayangkan bahwa suatu orde sosial yang disangka tak terubahkan dan selamanya terbekati oleh kehendak Allah, telah dirombak dan diganti oleh pikiran usaha manusia sendiri. Hal tersebut kemudian semakin diperkuat oleh mazhab Frakfurt melalui dinamika perkembangan ilmu-ilmu sosial yang dikembangkan secara kritis yang kemudian secara lambat laun meluas ke seluruh belahan dunia. Untuk memetakan sosiologis masyarakat suatu negara, maka pendasaran terhadap teori dan falsafah sosial menjadi kebuTuhan tersendiri dalam menganalisis suatu masyarakat secara koprehensif, maka upaya pribumisasi ilmu-ilmu sosial secara kritis tidak semestinya menelan bulat-bulat teori sosial barat, namun yang terpenting adalah bagaimana menciptakan teori sosial baru yang sesuai dengan kondisi rill suatu masyakat.



  1. Perbandingan aspek (topik anda) daripada perspektif barat dan Islam.

Pada dasarnya perbandingan social menurut pandangan Islam dan Barat adalah sama, malah barat sangat mengutamakan norma-norma social, yang namun mereka tidak terhadap norma-norma agama. Mereeka berpikir segala sesuatu adalah  da
  Islam
Manusia adalah makhluk sosial, maka sangat tidak mungkin jika manusia itu hidup sendiri dan tidak memerlukan orang lain. Memang kita tidak bisa bergantung pada orang lain tapi kita tidak mungkin hidup tanpa orang lain. Bahkan kadang ada pertanyaan(soal) kepada orang yang tidak suka sosialisasi, Apa kamu mau masuk surga sendiri?

  Barat
Manusia selalu terkait dengan hubungan-hubungan kemasyarakatan yang melahirkan sejarah. Manusia adalah makhluk yang bermasyarakat, yang beraktivitas, terlibat dalam suatu proses produksi. Hakikat manusia adalah kerja (homo laborans, homo faber). Jadi, ada kaitan yang erat antara falsafah, sejarah dan masyarakat.


            - aspek persamaan (berserta contoh/bukti)
Bahawa ada persamaan penting antara falsafah Barat dan Islam  yang tidak dapat disangkal. Hal ini misalnya dalam hal sumber dan metode pengetahuan; yang meliputi cara mengetahui rasional-empiris; gabungan antara realisme, idealism, dan pragmatisme sebagai dasar kognitif falsafah ilmu; dan dan sains tentang proses. Tapi persamaan ini hanya terkait dengan aspek-aspek eksternal dan tidak menafikan sama sekali perbezaan-perbezaan mendasar yang timbul dari perbezaan cara pandang dan pemahaman tentang realitas. Keimanan muslim terhadap Wahyu sebagai sumber pengetahuan tentang realitas akhir dan kebenaran tentang makhluk dan Sang Pencipta memungkinkan pembentukan kerangka metafizik untuk pengelaborasian falsafah ilmu yang menjelaskan realitas dan kebenaran yang tidak memungkinkan keterlibatan metode-metode rasionalisme filosofis dan empirisisme filosofis dari falsafah dan sains modern.


            - aspek perbezaan (berserta contoh/bukti)

Falsafaha Islam disebut juga dengan falsafah Arab karena tokoh-tokohnya merupakan para muslim baik yang lahir di Arab maupun yang berasal dari Arab tapi hidup di wilayah Barat.
Falsafah ini muncul selama 15 abad, atau sekitar masa pemerintahan Harun Rasyid (786 M), karena pada masa itu banyak buku-buku ilmu pengetahuan Yunani di diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, seperti ilmu alam, falaq dan ilmu bidang kedokteran.
Sehingga pada saat itu kegiatan falsafah mempengaruhi masalah ketauhidan, karena para ulama mnggunakan metode rasional dalam menyelesaikan soal-soal ketauhidan.



Falsafah Barat adalah sebutan yang digunakan untuk pemikiran-pemikiran falsafah dalam dunia Barat. Falsafah Barat berbeda dengan Falsafah Timur atau Oriental. Permulaan dari sebutan Falsafah Barat ini dari keinginan untuk mengarah kepada pemikiran atau falsafah peradaban Barat. Masa awalnya dimulai dengan falsafah Yunani di Yunani Kuno. Pada masa ini sebagian besar Bumi sudah dicakup termasuk Amerika Utara dan Australia


  1. Analisa kritis anda terhadap perbandingan tersebut serta cadangan tertentu.

praktik sosial-budaya menganalisis tiga hal yaitu ekonomi, politik (khususnya berkaitan dengan isu-isu kekuasaan dan ideologi) dan budaya (khususnya berkaitan dengan falsafah, nilai dan identitas) yang juga mempengaruhi istitusi media, dan wacananya. Pembahasan praktik sosial budaya meliputi tiga tingkatan iaitu; Tingkat situasional, berkaitan dengan produksi dan konteks situasinya Tingkat institusional, berkaitan dengan pengaruh institusi secara internal maupun eksternal. Tingkat sosial, berkaitan dengan situasi yang lebih makro, seperti sistem politik, sistem ekonomi, dan sistem budaya masyarakat secara keseluruhan. Kita boleh melihat bagaimana penempatan dan fungsi bahasa dalam hubungan sosial khususnya dalam kekuatan falsafah dan ideologi. Kita berpendapat bahwa analisis wacana kritis adalah, bagaimana bahasa menyebabkan kelompok sosial yang bertarung dan mengajukan ideologinya masing-masing

  1. Rumusan
Dari uraian di atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Falsafah (baik Islam ataupun Barat) adalah berfikir secara sistematis, radikal dan menyeluruh tentang hakikat segala sesuatu berdasarkan ajarannya masing-masing. Akan tetapi bezanya falsafah Islam itu adalah Falsafah yang merujuk kepada Al Qur’an, mencari jawaban mengenai masalah-masalah asasi berdasarkan wahyu Allah yang diuturunkan kepada Rasul-Nya. Falsafah adalah induknya segala ilmu, sebagai induk segala ilmu, maka falsafah mempengaruhi ilmu-ilmu lainnya, seperti ilmu fiqih, ilmu kalam, tafsir dan sebagainya. Untuk memahami diperlukan pikiran dan penggunaan akal. Dengan demikian falsafah sangat besar pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan.

  1. Rujukan

  Abdul Rahman Aroft (1994), Falsafah dan Konsep Pendidikan, Fajar Bakti, Sdn. Bhd., Selangor.
  Mok Son Sang (1942), Nota Intisari Ilmu Pendidikan: Falsafah Pendidikan, Kurikulum & Profesionalisme Keguruan, Multimedia Sdn. Bhd. Pusat Bandar Pucong, Malaysia.
  Mohamed Nor Che`Noh Ph.D. (1990),  Asas-Asas Pendidikan Satu Pengenalan, Flo Enterprise Sdn. Bhd., Damansara Utama.
  Mok Soon Sang (2010), Falsafah Pendidikan, Kurikulum, dan Profesional Keguruan, Multi Media Sdn. Bhd.
  Alwiyah Alsagoff (1984), Falsafah Pendidikan, Art Printing Word Sdn. Bhd. Kuala Lumpur.
  Tajul Arifin Noordin, (1993), Perpektif Falsafah dan Pendidikan di Malaysia, Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia.
  Intensational Dictionary of Educational, Gerry Page & J.B Thomas Kogam Page Limited, London.
  Charles J. Braunes & Hobert W. Burns. Problems in Education and Philosophy. New York: Prentice-Hall Inc., 1965.
  P.H. Hirst & R.S. Peters. The Logic of Education. London: Routledge & Kegan Paul, 1972.




No comments:

Post a Comment